Kamis, 05 September 2013

Kiat dalam Memilih Waralaba yang Menguntungkan

Binis waralaba atau kemitraan juga menjadi salah satu pilihan berbisnis yang saat ini sedang digandrungi oleh para pebisnis, baik yang masih pemula maupun yang sudah berstatus pemain lama. Cara ini memang merupakan salah satu cara untuk “mempersingkat” proses agar kesuksesan menghampiri kamu dalam berbisnis.


Dengan menjalankan bisnis waralaba, kamu memang akan langsung memiliki sebuah bisnis yang berjalan dengan baik dan langsung menguntungkan. Karena, kamu tidak lagi perlu membangun sistem bisnis sendiri. Kamu hanya cukup melakukan investasi dengan modal yang dimiliki untuk mendapatkan hak atas sistem sebuah bisnis yang sudah berjalan, dan kemudian tinggal melanjutkannya dan memtik keuntungan dari bisnis tersebut.

Meski segampang itu dalam menjalankan bisnis waralaba, bukan berarti kamu bisa langsung mencobanya. Sebelum melakukan itu, kamu juga harus teliti terlebih dahulu dalam menentukan bidang usaha apa yang akan dijalankan. Selain itu, kamu juga harus seksama dalam memilih  perusahaan mana yang akan kamu ikuti dalam bisnis waralaba tersebut. Jangan sampai kamu salah pilih, sehingga bukannya mendapatkan untung, kamu malah menerima kerugian.

Nah, berikut beberapa kita dalam memilih waralaba yang menguntungkan bagi kamu yang sudah punya niat untuk mencoba bisnis waralaba ini:

Pertama, pilihlah produk yang tepat untuk dijual, sesuai dengan lokasi penjualannya. Produk dan lokasi yang tepat ini nantinya juga akan menentukan seberapa besar keuntungan yang bisa kamu dapatkan dalam bisnis waralaba tersebut.
Kedua, lakukanlah survei ke beberapa mitra dalam bisnis waralaba tersebut. Dapatkan informasi sebanyak mungkin mengenai kelebihan dan kekurangannya. Dengan itu, kamu bisa memperkirakan mana bisnis waralaba yang mampu memberikan keuntungan maksimal.
Ketiga, ceklah terlebih dahulu kredibilitas pemilik waralaba tersebut. Jangan lupa, pastikan apakah perusahaan, merek, produk dan segala sesuatu yang berhubungan pemilik dan bisnis waralaba tersebut tidak dalam sengketa.
Keempat, pelajarilah modal yang harus kamu keluarkan untuk menjalankan bisnis waralaba tersebut setiap bulan. Jangan langsung percaya dengan pihak yang menawarkan waralaba dengan modal yang kecil sedangkan keuntungan yang didapatkan sangatlah besar. Atau, dalam kata lain penawarannya tidak rasional.

Setelah mempelajari kiat dalam memilih waralaba yang menguntungkan ini, kamu tinggal membuat perencanaan yang akan dilakukan dalam menjalankan bisnis waralaba tersebut nantinya. Selamat mencoba!