Rabu, 04 September 2013

Tips untuk Memulai Wirausaha

Banyak orang yang belakangan ini lebih memilih untuk mencoba wirausaha, daripada bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan atau menjadi pegawai negeri sipil. Alasannya, tentu saja karena tidak ingin menjalani rutinitas kantoran yang dilakukan oleh para karyawan atau pegawai negeri sipil. Menjadi wirausahawan memang lebih bebas dalam bekerja.

Seorang wirausahawan memang merasa merdeka karena tidak lagi harus menggantungkan hidupnya pada orang yang setiap saat bisa saja memecatnya. Alasan lain, dengan berwirausaha, juga tidak akan membuat kita mengalami ketergantungan terhadap satu sumber penghasilan saja. Karena kita bisa mengembangkan usaha yang sedang dijalankan ke bidang-bidang lain, atau malah juga menjalankan lebih dari satu usaha dalam waktu bersamaan.

Selain itu, dengan menjalankan wirausaha juga dapat membuat seseorang menjadi lebih kreatif, karena setiap saat harus berpikir untuk mengontrol pendapatan dan mendapatkan uang dari bisnis yang dilakukan. Kemudian, para wirausahawan juga harus mampu mempertahankan keamanan pekerjaannya itu, karena bekerja sebagai karyawan dan pegawai negeri sipil memang jauh lebih aman secara ekonomi daripada menjalankan wirausaha.

Nah, bagi teman-teman yang ingin berbisnis secara wirausaha, kamu bisa mencobanya setelah membaca beberapa tips untuk memulai wirausaha berikut ini:

1.    Pastikan kamu punya niat dan motivasi
Sebelum memulai wirausaha, pastikan terlebuh dahulu bahwa kamu memang benar-benar berniat untuk berwirausaha. Kemudian, kamu juga perlu berkonsultasi dengan orang-orang terdekat dan mendengarkan saran mereka. Selain itu, kamu juga harus memiliki motivasi untuk memulai wirusaha tersebut, agar kamu tidak selamanya berorientasi pada uang.

2.    Kembangkan kreatifitas dalam membangun usaha
Jangan pernah menjual produk yang sama ketika memulai sebuah wirausaha. Jika pun kamu tetap menjual produk yang sama dengan yang sudah pernah dilakukan orang lain, maka juallah produk itu dengan cara yang berbeda. Karena, dalam berwirausaha, kreatifitas menjadi salah satu nilai terpenting dalam penjualan kamu.

3.    Mulailah bekerja dan manfaatkan semua potensi
Tips terakhir adalah, jangan terlalu lama memikirkan rencana wirausaha yang akan kamu jalankan. Segeralah memulainya dari sekarang! Jangan lupa, manfaatkan semua potensi dan peluang yang kamu miliki, termasuk memanfaatkan teman-teman dan teknologi internet untuk membuat bisnis baru kamu dikenal banyak orang.