Senin, 09 September 2013

Kiat Memulai Usaha Kecil yang Sukses

Kamu harus tahu, Bill Gates atau Mark Zuckenberg sekalipun memulai bisnisnya yang sudah sukses besar saat ini, dari sebuah usaha kecil beberapa tahun sebelumnya. Mereka tidak pernah menduga akan mendapatkan keberhasilan seperti yang mereka rasakan sekarang. Dan untuk itu, kamu harus melakukan banyak kerja keras dalam menjalan bisnis tersebut.


Sekali lagi, kamu juga jangan salah, jika usaha kecil hanya akan bisa memberikan penghasilan yang tidak banyak bagi para pelakunya. Kamu juga harus tahu, bahwa usaha kecil juga bisa memberikan kesuksesan besar. Apalagi jika usaha kecil tersebut telah menjelma menjadi bisnis besar seperti yang dialami oleh bisnis yang dijalankan bos Microsoft dan Facebook itu.

Nah, berikut ini ada beberapa kiat memulai usaha kecil yang sukses yang bisa kamu coba:

  1. Kamu harus realistis dalam mencoba sebuah bisnis. Sebelum memulainya, cobalah untuk belajar dari contoh sukses yang pernah ada dalam sejarah perjalanan bidang bisnis bisnis yang akan kamu jalankan.
  2. Kamu harus bisa menghargai waktu, karena dengan itu kamu juga bisa menghargai hal-hal lainnya yang suatu saat akan membantu kamu dalam membesarkan usaha kecil yang dijalani saat ini. Dengan menghargai waktu, kamu juga bisa lebih disiplin.
  3. Kamu harus sanggup bekerja keras demi mewujudukan impian kamu. Kerja keras akan membuat kamu jadi pantang menyerah, meski sempat gagal sekali pun dalam perjalanan awal bisnis kamu.
  4. Kamu harus bisa menunjukkan kelebihan dari bisnis yang kamu jalankan. Jangan pernah hanya memprioritaskan harga. Karena, biasanya orang akan lebih memilih sesuatu yang memiliki nilai lebih, walaupun harus membayar sedikit lebih mahal.
  5. Kamu harus memiliki banyak pengetahuan dan informasi seputar bisnis yang sedang dijalankan. Hal-hal yang sederhana sekali pun juga harus kamu ketahui. Karena, terkadang bisa saja hal-hal kecil itu yang akan membuat kamu gagal.
  6. Kamu harus memanfaatkan teknologi semaksimal mungkin. Bisa memanfaatkan teknologi murah dengan cara yang baik, akan membuat sebuah perusahaan kecil dapat bersaing dengan perusahaan besar. Maka, gunakanlah semua teknologi tersebut.
  7. Kamu harus menjadi yang terbaik. Tips yang terbaik ini akan memaksa kamu untuk tidak mencoba setengah-setengah dalam menjalankan sebuah bisnis, meskipun hanya usaha kecil. Dengan itu pula, kamu akan melayani semua pelanggan dengan cara yang terbaik.